Monday, April 16, 2012

PENERAPAN ATAU PENGGUNAAN KOMPUTASI


CONTOH PENERAPAN KOMPUTASI

Sebelum memasuki contoh penerapan komputasi modern, ada baik nya kita mengetahui jenis – jenis komputasi modern. Ada 3 jenis komputasi modern, diantaranya :
  1. Mobile computing  atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
  2. Grid computing, Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
  3. Cloud computing, Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Salah satu contoh penerapannya yaitu pada jenis Cloud computing. Komputasi awan, secara cepat hadir dihadapan kita semua, sangat banyak anggota masyarakat merasa gagap, dan individu-individu yang sigap menangkap fenomena dengan cepat belajar dan memanfaatkan teknologi ini, secara signifikan mereka mendadak memiliki daya saing dan efisiensi tinggi.

Linux  adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Pada April 2004 Canonical merilis distro linux bernama UBUNTU sebuah kata berasal dari bahasa afrika timur yang berarti KEMANUSIAAN Humanity. Sejak itu secara Rutin setiap enam bulan Canonical merilis Versi Linux Ubuntu sampai hari ini.

Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, ubuntu menandai seri rilis dengan dua digit didepan mengambil tahun rilis dan dua digit selanjutnya dengan bulan rilis Ubuntu 11.04. Secara sengaja memilih nama-nama binatang sebagai kode rilis. Ubuntu 11.04 didesain oleh Tim Pengembangnya semaksimal mungkin memanfaatkan trendKOMPUTASI AWAN, fitur Ubuntu One adalah sebuah fitur untuk mempermudah pemanfaatan teknologi komputasi awan, setiap pengguna ubuntu secara langsung berhak atas penyimpanan tanpa dipungut biaya pada server ubuntu sebesar DUA Gigabyte, pengguna bebas menyimpan arsip berupa lagu/musik, gambar, video, dokumen atau arsip digital lainnya. Ubuntu 11.04 memiliki penampilan berbeda dari versi sebelumnya, setelah memutuskan melepas antar muka desktop Gnome yang telah enam tahun bersama, dengan antarmuka besutan tim ubuntu sendiri bernama UNITY meskipun tidak dapat dipungkiri, Unity tetap memiliki aroma Gnome. Penampilan Ubuntu 11.04 sangat menarik, artistik, sederhana, namun penuh kekuatan. Hampir seluruh kebutuhan dasar komputasi telah terpenuhi, peramban firefox, office suite, Libre Office-3, pemutar lagu Banshee, Pemutar video, movie Player, pengolah gambar Pinta dan ratusan aplikasi yang dibutuhkan tersedia secara tidak berbayar. Bagi yang belum mengetahui, distro Ubuntu Linux dan distro linux lainnya bisa disebut kebal virus sampai hari ini, disebabkan arsitekturnya dan pengaturan hak akses yang mumpuni. Terlebih lagi ketika dunia menuju pada era Komputasi Awan, dimana komputasi identik dengan Internet dan Internet adalah dunia tanpa batas, tanpa batas aturan, tanpa batas keamanan, tanpa batas etika dan tanpa batas estetika. Ubuntu Linux adalah pilihan cerdas dalam berkomputasi di era modern.


Penggunaan Komputasi
Salah satu contoh penggunaan komputasi adalah dalam bidang kedokteran,yaitu dalam pencarian obat. Untuk meramalkan aktivitas sejumlah besar calon obat, seorang praktisi komputasi meniru suasana pengujian aktivitasnya di laboratorium basah dengan model-model Fisika atau Matematika (seperti: struktur 3 dimensi calon obat) sebagai pengganti bahan-bahan laboratorium tersebut. Model-model ini kemudian dinyatakan di dalam persamaan-persamaan Matematika yang kemudian diselesaikan oleh komputer dengan kapasitas dan kelajuan yang melebihi kapasitas dan kelajuan manusia. Hasilnya berupa suatu bilangan bagi tiap calon obat yang dapat dibandingkan satu dengan yang lainnya. Perbandingan ini merupakan ramalan tingkat aktivitas suatu calon obat relatif terhadap calon obat lainnya. Demikianlah cara meramalkan aktivitas calon obat dengan metode komputasi. Dengan demikian, calon-calon obat yang diramalkan akan memberikan aktivitas yang rendah dapat dihindari.

SUMBER: 

No comments:

Post a Comment