Monday, October 3, 2011

Kelebihan dan Kekurangan E-business & E-commerce

Kelebihan E- business
  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional
  2. Dapat meningkstkan market exposure (pangsa pasar)
  3. Menurunkan biaya operasional (operating cos)
  4. Melebarkan jangkauan (global reach)
  5. Meningkatkan customer loyality
  6. Memperpendek waktu produksi
  7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kekurangan E -Business
  1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyikap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak- pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. kesalahan ini bersifat kesalahan non- teknis seperti aliran listrik tiba- tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang di lakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


Kelebihan E- commerce terdiri dari:
  • Otomatisasi, menggantikan proses manual
  • Integrasi, meningkatkan efesiensi & efektifitas proses
  • Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
  • Interaksi, pertukaran data / informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan human eror
  • Transaksi, kesepakatan antara pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.
Kekurangan E- commerce terdiri dari:
  • Tampilan sangat sedehana
  • Barang yang dijual tidak semuanya di tampilkan
  • Penjelasan barang kurang jelas
  • Desain kurang menarik
  • Harga kadang tidak sesuai
  • Informasi barang terlalu rumit
  • Tampilan produk kurang jelas
  • Produk yang kurang dikenal oleh masyarakat


No comments:

Post a Comment